Kontribusi untuk kemajuan bangsa

Kontribusi untuk kemajuan bangsa

Kehidupan Masyarakat Adat Kampung Naga

Kehidupan Masyarakat Kampung Naga

masyarakat-adat-kampung-naga
Kehidupan Masyarakat Adat Kampung Naga

Kampung Naga merupakan Kediaman Masyarakat Adat Sunda yang terletak di Kabupaten Tasikmalaya. Areal kawasan ini cukup unik karena kita harus menaiki ratusan anak tangga untuk dapat mencapai lokasi. Karena tidak teraliri listrik, masyarakat adat kampung naga melaksanakan kehidupannya secara tradisional.

Tidak semua foto yang kami ambil dapat dipublikasikan di dalam Blog. Hanya foto yang mendapatkan izin saja yang dapat kami upload. Saya pribadi menyarankan agar pembaca mengunjungi Kampung Naga agar membantu menggerakkan ekonomi bagi warga sekitar. Terima kasih

Hunian Masyarakat Kampung Naga

rumah-adat-kampung-naga
Rumah Adat Kampung Naga

Photo by Inoue Sensei

Hunian adat Masyarakat Adat Kampung Naga juga cukup unik, dimana dindingnya terbuat dari anyaman bambu dan atapnya terbuat dari dedaunan seperti pada gambar diatas.

Pondasi rumah terbuat dari tumpukan batu kali yang tersusun secara rapi. Masyarakat menggunakan bahan material yang tersedia dari alam sehingga ramah lingkungan.

Kami mendapatkan kesempatan untuk masuk kedalam kediaman salah satu warga adat kampung naga. Interior rumah tersebut dapat Anda lihat seperti pada foto di bawah ini.

interior-rumah-adat-kampung-naga
Interior Rumah Adat Kampung Naga

Alasnya terbuat dari anyaman tembikar, jendelanya terbuat dari kayu.

Mata Pencaharian Masyarakat Adat Kampung Naga

lahan-pertanian-kampung-naga
Lahan Pertanian Kampung Naga
budidaya-ikan-kampung-naga
Budidaya Ikan Kampung Naga

Photo by Inoue Sensei

Bertani dan budidaya ikan merupakan mata pencaharian utama dari Masyarakat Adat Kampung Naga. Selain itu, beberapa warga juga menggantungkan hidupnya melalui berternak, berdagang serta membuat kerajinan anyaman bambu.

anyaman-bambu-kampung-naga
Kerajinan Anyaman Bambu Kampung Naga

ternak-ayam-kampung-naga
Ternak Ayam Kampung Naga

Photo by Inoue Sensei

Kerajinan yang ditawarkan oleh Masyarakat pun bagus dan ditawarkan dengan harga murah, yakni berkisar IDR 5000 rupiah per buah.

Aliran Kepercayaan Masyarakat Kampung Naga

wudhu-surau-kampung-naga
Tempat Wudhu Surau Kampung Naga

                                                                  Photo by Inoue Sensei

Tidak ada data statistik resmi yang menyebutkan aliran kepercayaan yang dianut oleh warga setempat. Namun, di tengah area Masyarakat terdapat Surau untuk peribadatan warga yang memeluk Agama Islam.

Pelajaran yang Dipetik dari Masyarakat Adat Kampung Naga

Kita sebagai Manusia sebenarnya mampu untuk hidup berdampingan dengan alam. Masyarakat Adat Kampung Naga mengajarkan bahwa kita dapat mengambil manfaat dari alam secukupnya. Kita perlu menanggalkan sifat ketamakan agar Alam dapat memberikan manfaat untuk generasi berikutnya.

Title : Kehidupan Masyarakat Adat Kampung Naga
Description : Kehidupan Masyarakat Kampung Naga Kehidupan Masyarakat Adat Kampung Naga Kampung Naga merupakan Kediaman Masyarakat Adat Sunda yang terletak...

0 Response to "Kehidupan Masyarakat Adat Kampung Naga"

Posting Komentar