Kontribusi untuk kemajuan bangsa

Kontribusi untuk kemajuan bangsa

Tes Motorik Jahit : Pin Board, Ball & Tube and Peg Board

Pada pelatihan yang diselenggarakan atas kerjasama BLK Surakarta dan PT Pan Brothers Tbk, rutin dilakukan tes untuk mengetahui kecepatan motorik setiap operator. Hal ini mengacu pada operator jahit industri garment yang dituntut untuk memiliki keterampilan dan kecepatan tangan mumpuni untuk mencapai produktifitas tinggi. Bentuk pengujian yang dilakukan meliputi kecekatan kedua tangan, keseimbangan tangan kanan dan tangan kiri serta koordinasi indera penglihatan dengan syaraf motorik. Semua elemen pengujian tersebut telah terangkum kedalam tes motorik meliputi pin board, ball & tube and peg board. Pada tulisan saya kali ini, saya akan membahas satu persatu terkait fungsi dari setiap elemen tes tersebut.
Gambar Pelaksanaan Pin Board Test
Pin Board Test bertujuan untuk mempelajari setiap reaksi yang ditimbulkan seseorang ketika dihadapkan pada tugas yang membutuhkan kecepatan dan kecekatan tangan. Peserta diminta untuk memindahkan pin dari lubang besar kedalam lubang yang lebih kecil menggunakan satu tangan. Ketika tangan kanan selesai, peserta diminta untuk beralih ke tangan kiri. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi setiap pin board dihitung menggunakan stopwatch.
Gambar Pelaksanaan Ball & Tube Test
Ball & Tube Test bertujuan untuk melihat koordinasi indera penglihatan dengan syaraf motorik kedua tangan. Cara kerjanya peserta diminta memindahkan kelereng dari satu tangan ke tangan lainnya melalui sebuah lubang (tube). Begitu juga sebaliknya, ketika tangan kanan selesai peserta diminta untuk berpindah ketangan kiri. Ketika kelereng jatuh, peserta diberikan pinalty berupa penambahan waktu 1 detik.
Gambar Pelaksanaan Peg Board Test
Purdue peg board test bertujuan untuk mengevaluasi fungsi lengan tangan peserta. Selain itu, tes ini berfungsi untuk mengukur deksteritas dan keterampilan jari tangan. Cara kerjanya, peserta diminta untuk memindahkan pin menggunakan kedua tangan secara bersamaan secara vertikal. Ketika selesai, peserta diminta untuk memindahkan pin tersebut dengan membaliknya terlebih dahulu. Kesimpulan yang saya dapat dari pelaksanaan ketiga tes tersebut diatas, operator yang berada di lantai produksi industri garment wajib untuk memiliki koordinasi indera penglihatan dan syaraf motorik yang bagus untuk menunjang kecekatan dalam mengejar target produksi.
Title : Tes Motorik Jahit : Pin Board, Ball & Tube and Peg Board
Description : Pada pelatihan yang diselenggarakan atas kerjasama BLK Surakarta dan PT Pan Brothers Tbk, rutin dilakukan tes untuk mengetahui kecepatan...

2 Responses to "Tes Motorik Jahit : Pin Board, Ball & Tube and Peg Board"

  1. Blog yang anda post sangat bermanfaat. Saya minat untuk diskusi bisa??

    BalasHapus