Kontribusi untuk kemajuan bangsa

Kontribusi untuk kemajuan bangsa

Memulai Dari Bawah : Starting From Sewing Course

Belum pernah terbayang sebelumnya kalau dalam satu bulan kedepan bakalan menjalani program training sebagai operator jahit di BLK Surakarta. Pelatihan menjahit merupakan salah satu bentuk pelatihan dasar yang diberikan bagi seorang pekerja yang hendak terjun di dunia industri garment. Setinggi apapun jabatan orang tersebut pada dunia industri tersebut, minimal harus mengerti teknik dasar melakukan penjahitan sebuah kain. Entah itu operator, utility, asisten supervisor, bahkan sampai level manajer sekalipun. Pertanyaannya mengapa hal tersebut menjadi sesuatu yang penting? Seperti halnya ketika kita sedang mengoperasikan sebuah komputer, agar dapat mengetik dengan cepat dalam hal ini efisien waktu, kita harus mengetahui teknik dasar mengetik sepuluh jari (Pernyataan tersebut saya kutip dari salah satu manajer di HRM PT Pan Brothers Tbk).

Selama pelatihan saya tidak sendiri, saya ditemani teman-temen seperjuangan dari MT PT Pan Brothers Tbk. Kami memulai segala sesuatu dari nol, kalau dibandingkan dengan operator jahit tentu kami kalah, tapi untuk semangat belajar menjahit, kami tidak akan kalah dengan mereka ! Dengan latar belakang pendidikan seperti Teknik Industri, Teknik Kimia, Akuntansi dan bahkan Fisika ! Kami berkomitmen untuk menanggalkan status kami sebagai lulusan Perguruan Tinggi agar mau belajar dan tetap membumi sebagai peserta training jahit di BLK Surakarta.
Apabila terjun sebagai operator jahit, mesin yang paling sering digunakan yakni mesin jahit itu sendiri. Mesin jahit yang saya gunakan di BLK Surakarta, saya beri nama panggilan "JACK". Selama training satu bulan kedepan, saya akan sering-sering berinteraksi dengan "JACK". Secara konsep dasar, si-JACK ini dapat beroperasi dengan bantuan mesin konversi energi "dynamo motor" yang terhubung melalui belt convertion. Sedangkan untuk mengatur putaran handle gas pada motor ini menggunakan kaki yang menekan seperti pedal gas.
Pada bagian samping dinding ruangan pelatihan ini, terpampang besar spanduk yang menggambarkan timeline pelatihan operator jahit garment. Dimulai dari pelaksanaan tes motorik, pengenalan mesin, praktek jahit hingga uji kompetensi. Hal menarik yang saya temui disini yakni terkait adanya bentuk kerjasama yang dilakukan antara BLK Surakarta sebagai pusat training dengan PT Pan Brothers sebagai industri. Kedua pihak tersebut merupakan suatu bagian yang saling memiliki keterkaitan, dimana industri membutuhkan banyak supply pekerja yang terampil tapi memiliki kendala ketika mengadakan training sedangkan BLK memiliki sumber daya yang mumpuni dalam menyediakan kegiatan pelatihan secara gratis karena telah didukung oleh pemerintah. Menurut informasi yang berhasil saya himpun, proses kerjasama ini tidak terlepas dari campur tangan manajer HRM PT Pan Brothers Tbk yakni Bpk. Kurnia Saputra atau yang sering kami panggil dengan Pak Ochan. Ketika bentuk kerjasama tersebut dapat diimplementasikan oleh pihak terkait (Kerjasama secara sustain antara BLK dan Industri) secara nasional, saya yakin tingkat serapan tenaga kerja di Indonesia akan semakin meningkat.


Dokumentasi:
 Saya lagi  belajar njahit nih ! Sesuai motto saya "Having ability to learning up for a new skill"
Title : Memulai Dari Bawah : Starting From Sewing Course
Description : Belum pernah terbayang sebelumnya kalau dalam satu bulan kedepan bakalan menjalani program training sebagai operator jahit di BLK Surakar...

0 Response to "Memulai Dari Bawah : Starting From Sewing Course"

Posting Komentar