Kontribusi untuk kemajuan bangsa

Kontribusi untuk kemajuan bangsa

Mengintip Suasana Wisuda Thammasat University Thailand

Mengintip Suasana Wisuda Thammasat University Thailand

wisuda-thammasat-university-thailand
Suasana Wisuda Thammasat University Thailand

Suasana wisuda merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh lulusan serta orang tua. Begitu juga di Thailand, Keluarga yang berasal dari seluruh penjuru Negeri rela untuk menempuh ratusan kilometer demi menghadiri Upacara Wisuda di sebuah Universitas, Institut maupun Sekolah Tinggi.

Thammasat University merupakan salah satu Kampus Negeri yang cukup populer pada kalangan Masyarakat di Thailand. Tak heran, Universitas yang memiliki lima (5) cabang kampus ini memiliki Mahasiswa yang jumlahnya ribuan untuk setiap angkatan.

Pada tulisan ini, Saya akan membagi informasi terkait suasana wisuda Thammasat University Thailand. Saya akan memfokuskan pada euphoria, barang-barang yang dijual oleh Pedagang Thailand serta kondisi di dalam kampus selama perayaan Wisuda.

Saya tidak membahas prosesi wisudanya, karena Saya (Saat tulisan ini terbit, masih belum lulus :P). Selain itu, pada prosesi ini juga dihadiri oleh Raja Thailand. Sehingga, Saya tidak dapat memiliki akses untuk memasuki Gedung. Jika ada rejeki untuk Wisuda dan memberikan liputan, semoga tulisan ini bisa saya update.

Tulisan ini bertujuan untuk memberikan pandangan lain bagi penduduk Indonesia terkait suasana wisuda di Kampus Thammasat University. Meskipun hanya salah satu kampus, semoga tulisan ini cukup memberikan gambaran terkait suasana perayaan wisuda di Thailand.

Suasana wisuda pada Kampus Negeri di Thailand memang unik. Namun, beberapa hal di Indonesia dapat kita temui disini. Pertama, Pedagang Bucket Bunga, Boneka Wisuda, Balon serta Hadiah Lainnya.

pedagang-acara-wisuda-thailand
Pedagang pada Acara Wisuda di Thailand

Sebuah hal yang menarik karena hal ini juga wajar kita temui di Indonesia. Ternyata barang yang dijajakan pun mirip! Harga yang ditawarkan untuk Boneka wisuda ukuran besar yakni 100 baht atau Rp.43.000. Sedangkan Bunga seharga 20 baht hingga 50 baht atau Rp. 8.600 hingga Rp.21.500.

Kedua, yakni pedagang makanan dadakan di Lingkungan Kampus

pedagang-makanan-wisuda-thammasat
Pedagang Makanan pada Wisuda Thammasat University

Booth makanan  dikelola oleh Kampus, Alhamdulillah di Thammasat University juga tersedia makanan halal.

Ketiga, yakni Macet di Lingkungan Kampus

macet-wisuda-thammasat-university
Macet Wisuda Thammasat University Thailand

Sedangkan perbedaan yang cukup signifikan dengan di Indonesia yakni tidak adanya sampah yang berserakan. Wisudawan dan Pengunjung telah dihimbau untuk menjaga kebersihan dengan baik.

foto-wisuda-thammasat-university
Foto-foto Wisuda Thammasat University

Sebagai langkah antisipasi, Pengelola Kampus juga menyediakan Toilet tambahan dalam bentuk mobile.

toilet-mobile-thailand
Toilet Mobile Thailand


Title : Mengintip Suasana Wisuda Thammasat University Thailand
Description : Mengintip Suasana Wisuda Thammasat University Thailand Suasana Wisuda Thammasat University Thailand Suasana wisuda merupakan momen yang pali...

0 Response to "Mengintip Suasana Wisuda Thammasat University Thailand"

Posting Komentar