Kontribusi untuk kemajuan bangsa

Kontribusi untuk kemajuan bangsa

Apakah Kita Melihat Warna Yang Sama?

Source: Google (Eye Perception)
Kita memiliki banyak sekali pertanyaan terkait mata dan penglihatan. Like this one, about color from Becca. How do we know we all see the same color and is there is the way to test people perception color? Mari kita coba renungkan sejenak. Bagaimana jika warna yang aku anggap berwarna biru dan warna yang kamu anggap biru sebenarnya bukan warna yang sama. Bagaimana jika warna yang aku anggap biru selama ini merupakan warna yang kamu anggap orange? Jika kamu menganggap warna orange adalah biru maka apakah semua orang juga melakukan hal yang sama dengan warna lainnya?
Ketika kita melihat sebuah warna, sebenarnya kita melihat spektrum cahaya yang tidak terlihat “spektrum elektromagnetik “. Dari berbagai spektrum warna, mata kita masih bisa melihat warna merah hingga ungu. Warna yang mampu kita lihat memiliki gelombang cahaya yang berbeda-beda. Jadi bisa dikatakan bahwa anggapan warna biru yang saya lihat dan anggapan warna biru yang anda lihat merupakan spektrum cahaya dengan panjang gelombang yang sama. Kemudian pertanyaan berikutnya adalah bagaimana otak kita memproses informasi, apakah otak kita memproses panjang gelombang yang sama dalam sebuah warna? Jawabannya: Otak kita memproses sebuah gelombang cahaya melalui foto reseptor. Lebih jelasnya, mari kita simak jawaban dari ahlinya.
Dr. Robert Mark from University of utah menjelaskan bahwa ada tiga jawaban berbeda yang bisa menjelaskan. Jawaban pertama adalah "YA", warna terlihat sama. Bagaimana anda bisa tau? Kita bisa menjelaskan karena persamaan endemik, genetik manusia, tingkah laku, proses scaning otak dan pengukuran elektrik. Kami "para ahli" setuju ketika seseorang memilih warna biru, semua orang juga memproses creon yang sama. Jawaban kedua adalah "YA, akan tetapi" kita memiliki jumlah warna berbeda dalam persepsi pribadi. Kita bisa setuju dengan warna dasar merah, biru dan kuning. Akan tetapi kita kadang bisa tidak setuju dengan pendapat orang lain terkait campuran warna yang cukup kompleks. Contohnya, kamu melihat warna hijau tinta dalam sebuah kain, bisa jadi saya melihatnya sebagai persepsi warna abu-abu. Kita semua memiliki jumlah persepsi yang berbeda-beda terkait sebuah campuran warna, sehingga kita tidak akan pernah bisa setuju. Kemudian jawaban ketiga "Kami tidak tau secara pasti", kita tidak tau secara pasti apa yang ditangkap oleh mata untuk diproses oleh otak. Kita tidak bisa melihat proses informasi dalam sebuah "visual corteks" didalam mata. Sehingga kita tidak bisa mengetahui bahwa semua orang memproses warna dengan persepsi yang sama, meskipun kita bisa memberikan pendapat bahwa langit itu biru.
Berdasarkan telaah diskusi diatas, terdapat poin penting bahwa para ahli belum mengetahui secara pasti terkait persepsi dari setiap warna yang dilihat setiap individu. Karena masih terdapat kendala penelitian dalam pemrosesan informasi dari otak ke mata. Wallahualam..
Source: "Brains On" Podcast Station
Title : Apakah Kita Melihat Warna Yang Sama?
Description : Source: Google (Eye Perception) Kita memiliki banyak sekali pertanyaan terkait mata dan penglihatan. Like this one, about color from Be...

0 Response to "Apakah Kita Melihat Warna Yang Sama?"

Posting Komentar