Kontribusi untuk kemajuan bangsa

Kontribusi untuk kemajuan bangsa

English is a Must ! For People Who are in The Engineering World

Saya akan membahas tema terkait mengapa belajar bahasa inggris itu perlu semenjak terjun di dunia kerja. Setelah melalui berbagai macam tes di beberapa perusahaan yang berorientasi ekspor, pengalaman dibidang organisasi menjadi sebuah hal yang mutlak diunggulkan. Karena didalam dunia kerja dibutuhkan orang yang memiliki kemampuan interpersonal and communication skill diatas hard skill yang didapatkan selama berada di bangku kuliah. Namun diatas itu semua, kemampuan dalam hal bahasa kususnya bahasa inggris juga mutlak bagi orang-orang yang terjun di dunia keteknikan (engineering world). So, this is my reason why I choose the topic “English is a must ! For people who are in the engineering world.”
 
Saya akan membawa anda kembali ke dua tahun yang lalu tepatnya bulan oktober 2014, dimana saya bertemu seorang ahli dalam bidang engineering yang bekerja di Indonesia selama kurang lebih 5 tahun. Ketika itu saya sedang melakukan perjalanan menuju Kota Padang, Sumatra Barat naik maskapai Lion Air. Sangat beruntung memang dimana saya duduk berserbelahan dengan beliau ini dan ngobrol sedikit terkait dunia teknik industri. Sekaligus informasi juga, beliau ini merupakan lulusan Manufacturing Engineering yang bekerja sebagai ahli dalam bidang metal casting di salah satu perusahaan manufaktur Surabaya. Saya yang berinisiatif mengajak beliau untuk ngobrol santai, dengan maksud tersembunyi untuk mengetes kemampuan bahasa inggris saya.
 
Beliau ini meskipun sudah beberapa tahun bekerja sebagai ahli dalam bidang manufaktur tetap saja tidak bisa berbahasa Indonesia. Menurut beliau tidak perlu fasih berbahasa Indonesia karena perusahaan tempat beliau bekerja beberapa sahamnya merupakan milik asing. Okkay Fine ! Jadi intinya tetaplah orang Indonesia yang harus menyesuaikan untuk dapat berbahasa inggris. Kalau pemikiran saya hanya sebatas seperti itu, dapat dikatakan sempit memang. Tapi saya mencoba untuk merubah pola berfikir saya, bahwa dengan menguasai bahasa Inggris kita dapat memiliki kesempatan yang sama untuk belajar. Kita dapat mempelajari apa yang mereka pelajari, melalui media baik bersumber dari berita, buku, kajian ilmiah maupun seminar yang diposting melalui channel Youtube. Selama 5 tahun menempuh perkuliahan, saya selalu menggunakan kemampuan saya untuk mengeksplore keilmuan Teknik Industri yang berada diluar sana. Saya selalu mengupdate keilmuan saya, dengan mempelajari terkait hal-hal baru yang berhubungan dengan dunia teknik dan bahkan tidak saya dapatkan selama berada di bangku kuliah.
 
Melalui akses internet saja, bahkan kita dapat mengakses course-course terkait pembahasan suatu bidang pendidikan tertentu yang biasanya hanya bisa didapatkan melalui sistem perkuliahan ketika berada di Indonesia. I think all of this is fair enough ! Ketika kita memiliki kemampuan dalam berbahasa inggris, mari kita manfaatkan kemampuan tersebut dalam membuka pemikiran kita secara seluas-luasnya! With english, we can explore the world. Especially, Engineering World !
Title : English is a Must ! For People Who are in The Engineering World
Description : Saya akan membahas tema terkait mengapa belajar bahasa inggris itu perlu semenjak terjun di dunia kerja. Setelah melalui berbagai macam t...

0 Response to "English is a Must ! For People Who are in The Engineering World"

Posting Komentar