Kontribusi untuk kemajuan bangsa

Kontribusi untuk kemajuan bangsa

Cara Menjual dan Memasarkan Produk di Toko Online

Menjual suatu produk atau barang yang anda miliki tentunya tidak terlepas dari aktivitas penawaran. Dengan perkembangan teknologi informasi seperti sekarang ini, aktivitas penawaran suatu produk tentunya menjadi lebih kompetitif. Bagaimana tidak, dengan adanya teknologi internet seorang penjual dapat menawarkan produknya lebih luas. Begitupun juga sebaliknya, seorang pembeli yang ingin membeli suatu produk tertentu dapat membandingkan baik dari segi harga maupun layanan dari beberapa penawaran penjual melalui internet.

Banyak praktisi bisnis online saat ini yang menyarankan pemula yang ingin terjun membuka bisnis baru, untuk melakukan perencanaan terlebih dahulu terkait bisnis yang akan dijalankan. Perencanaan sebelum membuka bisnis online yang perlu dipertimbangkan diantaranya adalah produk atau layanan yang akan dijual, target pasar, media penjualan, teknik pemasaran dan strategi promosi yang dilakukan. Namun, pada artikel ini saya akan lebih memfokuskan bahasan terkait media penjualan dan teknik pemasaran dari bisnis yang akan dijalankan.

Ketika anda sudah menentukan produk atau layanan yang akan dijual begitupun juga target pasar anda, tentunya anda telah siap untuk menjual dan memasarkan produk melalui media online agar lebih efektif. Seperti halnya metode penjualan yang dilakukan secara konvensional, untuk menunjukkan effort usaha dan keseriusan anda terhadap bisnis yang anda geluti tentunya anda perlu membuka sebuah toko. Selain itu juga dengan adanya toko, bisnis anda menjadi lebih kredibel dan dipercaya oleh konsumen, namun kembali lagi bahwa kondisi ini hanya terjadi di bisnis konvensional. Jadi, saya hanya mengambil analogi bahwa dengan membuka suatu toko di internet tentunya dapat menunjukkan effort usaha dan keseriusan anda terhadap bisnis yang anda geluti. Selain itu juga, informasi yang anda berikan kepada calon konsumen yang mengunjungi toko online anda menjadi lebih intim. Didalam toko online, biasanya mencakup informasi produk yang dijual, kontak informasi penjual, hingga testimoni yang dapat anda ditampilkan untuk lebih menumbuhkan kepercayaan terhadap bisnis kita bagi calon pembeli.
Kendala utama bagi pebisnis baru yang akan memasarkan produknya melalui toko online adalah terkait cara membuat toko online. Toko online seperti halnya website yang dapat diakses oleh pengguna di belahan dunia manapun dibuat menggunakan barisan code. Terlepas dari teknis pembuatan toko online itu sendiri, anda dapat membuat toko online anda melalui sebuah blog gratis apabila terkendala pada modal. Namun, apabila anda memiliki modal tersendiri, anda dapat memesan pembuatan toko online di jasa pembuatan toko online yang banyak tersedia tentunya. Namun, disni saya lebih menyarankan toko online anda menggunakan domain yang mewakili usaha anda. Sebagai contoh anda merupakan penjual kemeja batik, anda dapat memilih domain kemeja-batik.com selain lebih mempersingkat, penggunaan domain tersebut menjadi lebih mudah diingat oleh pelanggan anda.

Apabila toko online baik toko online yang dibuat menggunakan blog maupun toko online yang anda pesan telah siap, anda perlu menyiapkan informasi-informasi penting yang diperlukan oleh calon pembeli agar tidak kesulitan jika melakukan pembelian produk. Informasi tersebut diantaranya pertama adalah informasi produk meliputi gambar produk, harga produk, ketersediaan stok, ukuran produk (apabila produk yang anda jual mengakomodir ukuran seperti menjual sepatu atau baju), spesifikasi produk yang perlu ditampilkan. Kemudian, apabila anda telah memposting beberapa produk sebaiknya anda mengkategorikan produk tersebut agar terkesan lebih rapi dan enak dilihat.

Kedua adalah informasi penjual atau pemilik toko online yakni anda sendiri. Informasi tersebut meliputi informasi alamat anda, anda dapat menampilkan toko fisik anda jika perlu. Hal ini dikarenakan tidak jarang juga ada calon pembeli yang menanyakan alamat toko fisik atau alamat rumah, biasanya dikarenakan pembeli tersebut berasal dari daerah yang sama atau pembeli yang tertarik menjualkan kembali produk kita atau sebagai reseller. Sehingga terkadang calon pembeli tersebut bisa langsung membeli dalam jumlah yang banyak apabila tertarik dari kualitas maupun harga yang anda berikan. Anda juga dapat memberikan informasi lain seperti ketersediaan jejaring sosial yang melakukan penawaran produk anda atau saluran komunikasi lain seperti Whatsapp, line atau BBM.

Ketiga adalah cara pembelian produk, anda dapat menampilkan rekening transfer apabila pembeli berasal dari daerah lain. Atau mekanisme pembelian lain seperti COD apabila pembeli berasal dari daerah yang sama, sehingga pembeli tidak dibebankan biaya pengiriman. Anda juga dapat menawarkan jasa pihak ketiga seperti rekber (rekening bersama) agar pembeli menjadi lebih percaya terhadap produk anda. Yang terakhir adalah bagaimana cara anda meyakinkan bahwa bisnis yang anda lakukan benar-benar dapat dipercaya. Salah satunya anda dapat menampilkan resi pengiriman maupun screenshot testimoni pelanggan anda.

Apabila informasi-informasi tersebut diatas dapat anda kelola dengan baik, anda tinggal memasarkan produk anda melalui jaringan komunikasi atau saluran pemasaran yang populer saat ini. Anda dapat memasarkan produk yang anda tawarkan di toko online melalui jejaring sosial, grup facebook yang sesuai target pasar anda hingga menjual produk melalui market place. Apabila teknik pemasaran tersebut telah anda lakukan, terkadang calon pembeli yang melihat produk anda melalui market place maupun jejaring sosial juga mengunjungi toko online anda.
Title : Cara Menjual dan Memasarkan Produk di Toko Online
Description : Menjual suatu produk atau barang yang anda miliki tentunya tidak terlepas dari aktivitas penawaran. Dengan perkembangan teknologi informasi...

1 Response to "Cara Menjual dan Memasarkan Produk di Toko Online"

  1. sebenarnya dengan cara apapun, kita bisa menjual produk kita. Online hanya senjata. Yang terpenting ialah produk yg kita jual. Bila benar2 dibutuhkan oleh pasar, pasti orang2 akan mencari cari. Jadi produk yang kita jual apakah benar2 dibutuhkan atau tdk

    BalasHapus