Kontribusi untuk kemajuan bangsa

Kontribusi untuk kemajuan bangsa

Penyuluhan Pemasaran Produk Desa oleh Perinkop Sragen

Diselenggarakannya penyuluhan pemasaran produk olahan yang diperuntukkan bagi warga desa, sangatlah penting menurut kami. Bagaimana tidak, pemasaran sangat dibutuhkan untuk membuka wawasan para pelaku usaha dalam mengenalkan maupun memasarkan produk hasil olahan ke pasar. Pasar dalam lingkup ini tentunya bukan pasar tradisional sekitar, karena produk olahan keripik jagung ini diperuntukkan sebagai makanan oleh-oleh khas sragen.

Kami sebagai mahasiswa KKN, tentu merasa agak kesulitan untuk meyakinkan warga terkait bagaimana cara memasarkan produk olahan keripik jagung maupun hasil kerajinan limbah bonggol jagung. Karena sebelumnya, warga mengungkapkan rasa pesimis bahwa produk yang dijual dengan harga cukup mahal ini bisa laku dipasar hanya dengan menjual kemasan. Atas dasar inilah yang mendasari kami, TIM KKN UNS Desa Trombol Sragen untuk mengagendakan penyuluhan pemasaran. Salah satunya dengan mengundang dinas terkait di Kabupaten Sragen, yakni Dinas Perinkop (Perindustrian dan Koperasi UMKM).

Dengan berbekal keberanian, tanpa pikir panjang saya ditemani teman KKN saya Ganang untuk silaturahmi ke Perinkop Sragen. Tidak lupa, saya membawa sampel produk olahan warga Trombol lengkap beserta packagingnya.
Meskipun kami datang menjelang jadwal jam PNS pulang, kami masih diterima dengan baik oleh bapak-bapak Perinkop Sragen. Disana, kami menyampaikan kendala program pemberdayaan UMKM kami. Tak lupa, kami juga sedikit mempresentasikan produk olahan warga Desa Trombol dengan menunjukkan sampel kemasan yang telah kami bawa. Alhasil, dari Dinas Perinkop Sragen menyetujui ajakan kami dan bersedia membantu kami dalam bentuk edukasi pemasaran bagi warga desa trombol.

Pada hari sabtu, tanggal 8 agustus 2015 kami menyelenggarakan penyuluhan pemasaran produk di Balai Desa Trombol Kecamatan Mondokan Sragen. Tidak lupa kami juga mengundang pihak-pihak terkait seperti Ibu-ibu PKK dan Karang Taruna Desa. Karena keduanya terlibat secara langsung pada produk olahan keripik jagung Trombol Tortilla's dan kerajinan hasil pengolahan limbah bonggol jagung.

Dalam acara ini, saya juga meminta tolong kepada teman saya yang bernama Lita untuk menyampaikan contoh pembukuan akuntansi sederhana sebagai pengantar sebelum masuk materi penyuluhan pemasaran oleh Perinkop Sragen.
Dari Perinkop Sragen mewakilkan dua pembicara, yakni Kepala Bagian Pemasaran dan Bagian Pengemasan. Pemilihan orator oleh Perinkop ini pastinya juga beralasan dalam membantu kami TIM KKN UNS dalam mencari solusi dan mengedukasi warga dalam lini pengemasan produk dan teknik pemasarannya.
Di akhir acara, kami (TIM KKN Desa Trombol Sragen) menyempatkan diri untuk berfoto bersama dengan Perinkop Sragen. Saya mewakili teman-teman KKN UNS, kami sangat mengapresiasi kinerja dinas terkait dalam membantu menyukseskan program pemberdayaan UMKM sesuai tema kami dalam KKN di daerah.

Oleh : Ardhy Yuliawan
Title : Penyuluhan Pemasaran Produk Desa oleh Perinkop Sragen
Description : Diselenggarakannya penyuluhan pemasaran produk olahan yang diperuntukkan bagi warga desa, sangatlah penting menurut kami. Bagaimana tidak, ...

0 Response to "Penyuluhan Pemasaran Produk Desa oleh Perinkop Sragen"

Posting Komentar