Kontribusi untuk kemajuan bangsa

Kontribusi untuk kemajuan bangsa

Cara Kerja Mesin 2 Tak (Two Stroke Engine)

Pasti penasaran kan terkait cara kerja mesin 2 tak? Sebelum masuk materi, perlu diketahui terlebih dahulu mengapa disebut 2 tak. Mesin disebut 2 tak karena terdapat 2 langkah pembakaran yang dilakukan sejak dari bahan bakar tercampur dengan udara diubah bentuk menjadi gas buang. Cara kerja dari mesin 2 tak dapat dijelaskan seperti berikut:

Pertama, gerakan intake dan exhaust yang dilakukan secara bersama-sama.
Pada keadaan ini, gerakan intake atau supply bahan bahan masuk keruang pembakaran dan secara paralel, hasil pembakaran hentakan sebelumnya dibuang melalui saluran pembakaran. Selanjutnya adalah gerakan compression dan combustion yang dilakukan secara bersama-sama.
Pada saat piston naik, bahan bakar yang tercampur dengan udara dimampatkan (compression) oleh kepala silinder kemudian pada saat yang bersamaan busi membakar gas campuran tersebut (combustion). Sehingga ada dorongan yang membuat piston turun karena hasil pembakaran mendorong kepala piston kebawah. Gerakan ini dilakukan secara beruang-ulang sehingga piston naik turun. Gerakan piston naik turun inilah yang dapat menggerakkan mesin motor.

Title : Cara Kerja Mesin 2 Tak (Two Stroke Engine)
Description : Pasti penasaran kan terkait cara kerja mesin 2 tak? Sebelum masuk materi, perlu diketahui terlebih dahulu mengapa disebut 2 tak. Mesin dise...

0 Response to "Cara Kerja Mesin 2 Tak (Two Stroke Engine)"

Posting Komentar