Kontribusi untuk kemajuan bangsa

Kontribusi untuk kemajuan bangsa

Cara Kerja Mesin 4 Tak ( 4 Stroke Engine )

Pasti penasaran kan terkait cara kerja mesin 4 tak? Sebelum masuk materi, perlu diketahui terlebih dahulu nih mengapa disebut 4 tak. Mesin motor atau mobil disebut 4 tak karena terdapat 4 langkah pembakaran yang dilakukan sejak dari bahan bakar tercampur dengan udara diubah bentuk menjadi gas buang. Sebelum dijelaskan lebih rinci terkait 4 langkah mesin 4 tak, kita kenalan dulu sama part inti dari mesin 4 tak ya.
Pertama adalah crankshaft, fungsinya sebagai poros piston dalam gerakan naik turun.Crankshaft ini terhubung langsung dengan leher piston.
Gambar diatas terlihat bagaimana bentuk crankshaft sebagai poros gerakan dari piston. Ada piston naik dan piston turun.
Kedua adalah chamshaft, fungsinya sebagai tempat yang mengkoordinasikan katup membuka atau menutup. Hampir sama dengan chamshaft, cara kerjanya hanya dengan berputar. Katup setiap ruang pembakaran dengan satu piston ada dua, pertama adalah katup yang mengalirkan campuran bahan bakar dengan udara. Kedua adalah katup yang mengalirkan hasil pembakaran untuk dibuang menuju saluran pembuangan.
Chamshaft dan crankshaft dihubungkan dengan belt atau sabuk agar gerakan antara piston dan katup bisa sinkron.
Kalau part-part tersebut digabung, bentuknya seperti gambar diatas. Setelah mengetahui part inti mesin 4 tak, selanjutnya langsung dijelaskan terkait 4 langkah yang dimaksud dalam 4 tak.
Pertama adalah gerakan intake, katup membuka kemudian mengalirkan campuran udara dan bensin kedalam ruang pembakaran. Dalam keadaan ini, piston terkena tekanan menuju gerakan turun.

Kedua adalah compression, compression ini memadatkan campuran bensin dan udara dengan gerakan piston naik.
Ketiga adalah combustion, combustion stroke ini ketika kepala piston berada di titik paling atas, udara campur bahan bakar yang dimampatkan pada gerakan compression kemudian dibakar.
Pembakaran inilah yang menyebabkan piston turun dengan cepat.
Kemudian ketika gas hasil pembakaran dibuang secara otomatis ketika kepala piston naik kembali. Gerakan ini dinamakan exhaust, gas buang dialirkan melalui katup yang terhubung dengan saluran pembuangan atau knalpot. Proses ini dilakukan secara berulang-ulang, sehingga gerakan piston naik turun dapat menggerakkan crankshaft yang terhubung dengan elemen penerus gaya. Gaya yang diteruskan dapat berupa putaran roda untuk motor. Kalau genset bisa menggerakkan turbin. Setelah menyimak penjelasan diatas bagaimana? Jadi tau prinsip kerja mesin 4 tak kan?

Sumber Model AGM Labs
Title : Cara Kerja Mesin 4 Tak ( 4 Stroke Engine )
Description : Pasti penasaran kan terkait cara kerja mesin 4 tak? Sebelum masuk materi, perlu diketahui terlebih dahulu nih mengapa disebut 4 tak. Mesin ...

0 Response to "Cara Kerja Mesin 4 Tak ( 4 Stroke Engine )"

Posting Komentar