Kontribusi untuk kemajuan bangsa

Kontribusi untuk kemajuan bangsa

Penyuluhan Cara Pembuatan Keripik Jagung

Berdasarkan analisis potensi pertanian Desa Trombol Kabupaten Sragen, jagung merupakan komoditas unggulan pertanian kedua setelah padi. Saat ini, hasil pertanian jagung di desa trombol sebagian besar dijual ke pabrik pengolahan tepung maizena dengan harga 3000 rupiah perkilonya. Untuk meningkatkan harga jualnya sangat sulit, karena harga tersebut merupakan harga pasar yang telah ditetapkan. Petani jagung desa trombol sebenarnya bisa menaikkan harga perkilonya, hanya saja kenaikan harga tersebut berpengaruh secara langsung pada turunnya jumlah pembeli. Karena persaingan harga potensi pertanian antar desa di kecamatan mondokan sragen sangatlah ketat. Salah satu solusinya, yakni dengan memberikan nilai tambah pada hasil pertanian jagung.

Kami TIM KKN UNS Desa Trombol memberikan alternatif solusi pengolahan potensi pertanian jagung kepada warga desa, yakni produksi keripik jagung. Alasan kami memilih produk olahan tersebut didasari oleh berbagai pertimbangan. Yakni ketersediaan SDM pengolahan, kemudahan dalam pengadaan peralatan dan kemudahan dalam akses pasar. Dari sisi ketersediaan SDM, pembuatan keripik jagung sangatlah sederhana. Hanya dengan membaca buku resep beserta tata cara pembuatannya kami yakin bahwa warga desa trombol mampu melakukannya. Kemudian dari sisi kemudahan pengadaan peralatan, peralatan yang dibutuhkan dalam pembuatan ini cukup sederhana. Berdasarkan hasil survey lapangan, semua warga telah memilikinya. Yang terakhir dari kemudahan akses pasar, produk keripik jagung merupakan produk yang digemari konsumen di Indonesia dan cocok menjadi buah tangan karena sifatnya yang tahan lama.

Untuk mensosialisasikan program pelatihan pembuatan keripik jagung kepada warga desa trombol sragen, kami TIM KKN UNS Desa Trombol mengadakan penyuluhan. Penyuluhan ini berlangsung pada hari Sabtu, 1 Agustus 2015 setelah dzuhur di balai desa setempat.
Untuk target pesertanya, kami mengundang Ibu-ibu PKK desa untuk mengikuti penyuluhan pembuatan keripik jagung ini. Sedangkan pengisi acara saya amanahkan kepada rekan saya  Anastasia Gabriella dari Fakultas Pertanian.
Selain presentasi monolog yang disampaikan, kami TIM KKN UNS Desa Trombol juga mengadakan tutorial singkat terkait cara pembuatan keripik jagung. Di akhir acara, kami meminta kritik dan saran dari Ibu-ibu pesserta pelatihan terkait rasa keripik jagung yang dibuat pada sesi pelatihan tersebut.


Title : Penyuluhan Cara Pembuatan Keripik Jagung
Description : Berdasarkan analisis potensi pertanian Desa Trombol Kabupaten Sragen, jagung merupakan komoditas unggulan pertanian kedua setelah padi. Saa...

0 Response to "Penyuluhan Cara Pembuatan Keripik Jagung"

Posting Komentar