Kontribusi untuk kemajuan bangsa

Kontribusi untuk kemajuan bangsa

Program Mahasiswa Wirausaha UNS

Ceritanya lagi populer-populernya nyebut kata “entepreneur” di tahun 2013. Atau bahasa gaulnya berwirausaha. Apalagi kalau pemerintah lagi menggalakkan programnya untuk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Pengen donk berwirausaha,, tapi modalnya darimana? (Lagi nggak pengen nyusahin ortu buat minta modal) Modal sebenarnya bisa dari manapun, jaringan yang dimiliki juga modal. Akses internet gratis di kampus juga jadi modal. Kewajiban buat membuka rekening untuk mahasiswa juga bisa jadi modal. So, jadi nggak ada alasan kalau mo buka usaha harus punya modal gede. Toh kita juga bisa memanfaatkan apa yang sudah ada di sekitar kita. Permasalahannya mungkin satu. Ya, kita masih sibuk kuliah. Apalagi mengambil jurusan Teknik. Eiitss,, kayaknya itu juga bukan jadi penghalang deh. Tinggal pintar-pintar mengatur waktu saja. Kalau masalah pengetahuan berbisnis bisa dicari gratis dari internet. Yang susah itu adalah bagaimana prakteknya..
Melihat sekitar kita untuk memunculkan sebuah ide bisnis baru yang fresh. Pokoknya jangan jadi follower deh. Soalnya kita bakalan kalah pengalaman sama bisnis yang kita tiru. Kalau meniru bisnis dari luar negeri sih oke-oke aja. Tinggal di custom aja biar bisa diterapin di Indonesia. Itu yang banyak diterapin oleh pengusaha multinasional. Tertarik? Bisa simak perjalanan saya mengikuti program inkubasi bisnis di UNS.
Namanya PMW, atau Program Mahasiswa Wirausaha . Tujuannya mencetak wirausaha-wirausaha muda dari kalangan mahasiswa yang nantinya kalau sudah lulus bisa mandiri dan menciptakan lapangan kerja baru. Amin.

Dengan adanya program inkubasi dari UNS ini bisa membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk berwirausaha. Yang masih bingung sama modal mungkin setelah mengikuti program ini bakalan diubah mindsetnya menjadi entrepreneur yang tahan banting. Nah, pada PMW 2014 kemaren nih ceritanya lima mahasiswa dari jurusan Teknik Industri UNS ikut program bergengsi ini. Salah satunya saya. Dari lima mahasiswa yang mengajukan hanya diterima dua saja untuk mengikuti tahap selanjutnya. Sudah syukur deh, daripada nggak ada yang keterima. Tahap yang dilalui setelah proses seleksi adalah tahap pelatihan. Seluruh peserta yang lolos diberi pelatihan mengenai wirausaha secara intens. Kabar-kabarnya kalau sudah mengikuti semua tahap dan proposal bisnisnya dinilai layak akan mendapatkan dana hibah dari UNS. Namun dana hibah diwajibkan untuk dikembalikan setelah melakukan progress terjun ke dunia usaha. Mungkin sebagai pelecut semangat kali ya.. :D
Okee sudah cukup kali ya penjelasannya,, semoga program ini menelurkan wirausaha-wirausaha sukses di masa yang akan datang. Amin!

Key: Program Mahasiswa Wirausaha UNS
Title : Program Mahasiswa Wirausaha UNS
Description : Ceritanya lagi populer-populernya nyebut kata “entepreneur” di tahun 2013. Atau bahasa gaulnya berwirausaha. Apalagi kalau pemerintah lagi ...

1 Response to "Program Mahasiswa Wirausaha UNS"