Kontribusi untuk kemajuan bangsa

Kontribusi untuk kemajuan bangsa

Cara Kerja Mesin Diesel (Diesel Engine - How it Work)

Mengapa truk, bus dan kendaraan berat lainnya tidak menggunakan mesin bensin (gasoline engine) melainkan menggunakan mesin penggerak diesel? Apakah mesin diesel tersebut memiliki daya putar yang lebih kuat dibandingkan mesin bensin pada umumnya? Berawal dari tanda tanya tersebut, mari kita cari tahu bagaimana cara kerja mesin diesel sehingga terpilih sebagai penggerak truk, bus dan kendaraan berat lainnya. Karena mesin penggerak diesel yang saya bahas kali ini menggunakan konsep 4 tak, alangkah baiknya para pembaca sekalian membaca terlebih dahulu tulisan saya tentang “cara kerja mesin 4 tak”.
Mengacu pada cara kerja mesin 4 tak, terdapat empat langkah yang dilakukan oleh mesin diesel dimulai dari suction stroke, compression stroke, power stroke dan exhaust stroke. Langkah pertama adalah suction stroke, pada langkah ini udara yang kaya akan oksigen dihisap melalui katup hisap untuk dialirkan pada ruang pembakaran. Kemudian katup yang sebelumnya mengalirkan oksigen dari udara luar menutup, selanjutnya pada langkah compression stroke udara tersebut dimampatkan sampai tekanan 40 bar. Setelah itu dilakukan pencampuran bahan bakar kedalam udara yang telah dikompres sebelumnya. Campuran udara dan bahan bakar tersebut kemudian dibakar pada tahap power stroke hingga timbul peningkatan tekanan sebesar 150 bar dengan suhu ruang bakar sebesar 2500 derajat celcius. Tekanan tersebut yang mengakibatkan leher piston bergerak kebawah untuk memutar camshaft. Pada langkah akhir (exhaust stroke), gas hasil pembakaran tersebut dibuang melalui katup buang dan dibuang melalui knalpot.
 
 Setelah membaca tulisan saya sebelumnya tentang cara kerja mesin 4 tak, mari kita bahas perbedaan mendasar antara mesin bensin dengan mesin diesel. Perbedaan mendasar dari mesin diesel dengan gasoline engine pada umumnya terletak pada kepala pistonnya. Kepala piston mesin diesel pada umumnya berbentuk mangkok berlubang, tujuannya agar memudahkan dalam mengkompresi udara dengan solar. Selain itu dengan kepala piston berbentuk mangkok, hasil pembakaran tersebut tidak langsung menekan leher piston melainkan berputar terlebih dahulu untuk menghasilkan tekanan yang maksimal. Karena cara kerja mesin diesel yang memberikan pembakaran dengan cara memampatkan bahan bakar dengan udara pada tekanan tinggi, maka mesin diesel membutuhkan solar sebagai bahan bakarnya. Hal ini dikarenakan bahan bakar solar memiliki karakteristik titik nyala yang lebih tinggi daripada bensin.

Title : Cara Kerja Mesin Diesel (Diesel Engine - How it Work)
Description : Mengapa truk, bus dan kendaraan berat lainnya tidak menggunakan mesin bensin (gasoline engine) melainkan menggunakan mesin penggerak dies...

0 Response to "Cara Kerja Mesin Diesel (Diesel Engine - How it Work)"

Posting Komentar